KURNIAWAN'S FAMILY

Kurniawan's Family

Minggu, 10 Februari 2013

Belajar Tidak Bergantung Pada Orang Lain.

Oke, minggu2 terakhir ini saya dan keluarga sedang pusing. Kami pusing karena mencari pengasuh buat Kaninda (my beloved daughter) yang belum dapet- dapet sampe sekarang. Sebenarnya sih sudah gak masuk hitungan minggu tapi bulan! Ampuuunn susahnya nyari yang pas sesuai keinginan kami buat bisa jagain dirumah selagi saya kerja.


Jadi selama saya bekerja, atau dari Kaninda umur satu bulan Kaninda dijagain sama tetangga depan rumah saya yang saya anggep keluarga sendiri karena Kaninda dijagain dengan sangat baik selama saya kerja.Total sudah kurang lebih satu setengah tahun jagain. Trus kenapa bingng cari pengasuh??

Nah ini diaa, jadi budhenya (yang jagain Kanin) sekarang harus jagain anaknya. Emang anaknya kenapa? Anaknya tiba2 aja mogok gak mau ke sekolah dan maunya ditungguin sama ibuknya (FYI dia sudah kelas 3 SD)! Sebenernya gak tiba- tiba juga sih karena sudah dari semester gasal alias November tahun lalu dianya mogok gak mau kesekolah. Yaah, saya pikir sih gak lama dan Kaninda sementara waktu saya titipin ke rumah ibu saya. Lah, ternyata waktu itu hampir sebulanan dianya mogok minta ditemenin sekolah sama ibuknya. Ammpppyuuunnn, akhirnya mertua saya nyaranin buat di cut sementara trus nyari orang lain aja buat jagain sementara anaknya budhe mogok sekolah. Saya yang waktu itu masih sangat beraaatt hati menyetujui, karen berpikir masih sayang buat nglepas budhe ini karena terlanjur cocok dan rumahnya juga deket. Jadi kalau ada perlu sewaktu- waktu yang tidak memungkinkan ngajak Kanin bisa saya titipin. Dan saat itu mertua saya langsung nyariin penggantinya dan dapet, rumahnya juga masih satu gang. Mertua sudah bilang ke orangnya kalau mau minta tolong nitipin cucunya ke dia selama mamanya bekerja, dan oke mau. Tapiiii ehh tapi ini anaknya budhe yang awalnya mogok eh tiba2 mau sekolah sendiri sebelum saya akhirnya nitipin ke orang lain yang sudah dibilangi sama mertua tadi. Yahhh, senenglah saya, jadi gak perlu ada adaptasi2an dong (mengingat Kaninda sudah mulai ngerti, jadi utk diasuh orang baru pasti butuh masa2 penyesuaian). Akhirnya yang sedianya jadi penggantinya si budhe tadi di cancel. Amaaannn pikir saya.

Muluuss deh, mulai seminggu sebelum ulangan semester satu sampai liburan. Nahh, setelah liburan inilah kembali terjadi tragedi mogok sekolah. Setelah liburan sekolah selama 2 minggu itu anaknya kembali mogok. Yang ini justru parah, berangkat aja gak mau. Ogah2an bangetlah pokoknya berdasar cerita si budhe. Sampai kurang lebih 2 minggu kemalasannya sekolah itu berlangsung. Saya juga gak tau kenapa ini anak kok malesss banget buat sekolah, padahal saya pada umur yang sama kayaknya gak ada malesnya buat pergi sekolah. Anak bungsu budhe ini juga selalu gak mau jawab kalau ditanyai kenapa gak mau sekolah. *tambah pusing* Trus akhirnya saya tawarin ke budhe buat nungguin lagi aja kayak dulu selama dia sekolah. Dan akhirnya mulai 2 mnggu setelah liburan sampai sekarang budhe nungguin anak bungsu perempuannya ini disekolah. Ada yang menyarankan anak saya dibawa ke sekolah aja. Haduuuhh, g setega itu kali saya, anak saya pasti gak nyaman dong, kalau mau bobo gimana? Trus minum susunya, belum lagi kalau pup gimana? Trus yang bikin saya gak mau itu saya khawatir kalau anak saya lihat pemandangan anak budhe ini nangis gelendotan, gulung2 gitu. *soalnya budhe pernah cerita kalau pernah gitu disekolah* Wadoohh anak saya yang masih kecil dengan sangat mudah nyontoh karena dia belum tau kalau itu tidak baik. Yang jelas disekolahan dengan budhenya bukan tempat yang nyaman buat anak saya!

Akhirnya sekarang saya cut aja, atau dengan kata lain saya berhentiin. Dulu, waktu saya mempertahankan si budhe ini meski anaknya mogok beberapa orang teman kerja, tetangga menduga kalau si anak ini cemburu dengan anak saya. Saya pribadi gak percaya. Karena anak ini sayaaang banget sama Kaninda. Tapiiiiii, dua minggu terahir ini saya percaya itu! Anak ini berubah perlakuannya sma anak saya meski gak mencolok. Jadi dia cemburu ibuknya ngasuh anak saya! Mungkin karena dia sering diminta ngalah sama ibuknya. Yah, saya gak mau nyalahin karena hak dia dapet kasih sayang sepenuhnya dari ibunya. Tapii gak bisa bohong, saya kecewa juga sebenernya. Saya selalu berusaha gak membedakan apalagi nganggep ibuknya itu pengasuh atau semacamnya, saya selalu bilang ini budhenya. Saya selalu hati2 ngomong didepan budhe, keluarga dan anaknya. Tapi ya balik lagi namanya juga anak2, dan saya inget apa kata si papz, hal yang bisa dipetik adalah "Jangan terlalu bergantung ke orang lain".

Jadi bersyukurlah jika sebagai ibu bekerja anak kita dijaga sama eyangnya sendiri. Gak perlu ribet kayak saya, hehe. Selamat berhari Minggu :)

PS : Ibu mertua saya masih belum purna tugas saat ini jadi bisanya jagain mulai jam 2 siang. Trus, kenapa Kaninda gak dititipin kerumah ibuk saya? Kalau dititipin di rumah ibuk berarti saya harus nginep sana, karena gak tega sehari Kaninda bolak-balik dengan jarak 20km. Kasian nanti kecapekan. Kalau saya nginep dirumah orang tua terus selama hari kerja, kasihan papanya pulang kerja capek dirumah gak ada anak sama istri :(

15 komentar:

  1. Iya memang ya, kalo anak bisa dijagain sama orang tua kita rasanya lebih lega. Kalopun ada pengasuh, at least ada yang ngawasin si pengasuhnya... Saya juga, terpaksa nge-handle semua sendiri, karena keluarga pada jauh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bikin iri yaa.. Hahahaha,, Btw, u inspiring me as a working mom u can handle everything, kerjaan dan semua urusan rumah (masak, bersih2, anak).. hehe.. Thx a lot mbak lis

      Hapus
  2. Aku sih pake nanny, tapi tetep dititip di rumah Mama, masih parno kalo ditinggal di rumah sendirian. Jadinya rumah cuma dikunjungin pas wiken, hari kerja di rumah Mama, hehehe..
    Harusnya anaknya dikasih pengertian ya, orang udah SD. Nadya yang baru umur 4 tahun aja bisa ngerti. Tapi gpp lah, untung udah di-cut. Mudah-mudahan nanti dapet yang lebih baik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiennn.. hehehe.. Nadianya kan anak pinter :)
      Aku suka kasian papanya kalau nginep di rumah ibuk mbak, jd g ada yg gurusin.. hehe..

      Hapus
  3. mencari pengasuh yang baik dan jurjur adalah dilema ibu2 bekerja ya..
    aku masih termasuk beruntung karna bisa nitipin radit ke eyangnya. Tapi kan ga selamanya bisa tinggal di pondok mertua indah ;p

    makanya aku juga pasti galau, kalo nanti udah pindah ke rumah sendiri, galau nyari pengasuhnya...huhuhu *curcol*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, haduuh bikin puyeng dan dilema banget.. Syukurlah yaaa mas raditnya bisa dijagain eyangnya.. *ngiri* hehehe

      Hapus
  4. salam kenal ya mba...browsing2 nyasar ke blognya...sebagai ibu bekerja saya juga merasakan hal yang sama, diasuh pula sama budenya dan punya anak umur 3 tahun:(, tapi karena kebutuhan dan lebih baik dititip sama budenya dibanding orang lain...

    BalasHapus
  5. Memang agak sulit ya kita bisa dapet pengasuh yang pas buat anak" ya mbak ..

    BalasHapus
  6. lebih baik dijagain sendiri jika kita masih bisa karena belum tentu pengasuh buat anak kita itu pas buat anak kita heheh
    salam kenal yah mba :)

    BalasHapus
  7. Problem ibu bekerja ya, mba....
    Saya juga pernah pada posisi bingung seeprti itu. Semoga cepat bisa dapet pengasuh yg baik ya, mba....

    BalasHapus
  8. cari pengasuh itu memang super susahnya minta ampun yaaa
    nanti kalaupun dapet, belom tentu cocok juga sama si anak...

    semoga dapet pengasuh kaninda yang bener bener TOP yaaaa

    BalasHapus
  9. Halooo... maaf baru bisa mampir nih.
    Madiunnya mana?
    Salam kenal ya...
    Oya, kalau lihat blogroll disamping sih sepertinya teman2 blogger lamaku banyak juga yang ada disana.

    BalasHapus
  10. mbak baru mampir dimari..tos ovennya sama..
    ini replyan saya di blog saya yah soal pertanyaan kok bisa tiga gitu loyangnya....

    saya pake loyang tambahan mbak beli yang kurang lebih ukuran sama dengan loyang bawaan. jadi muat gitu saya naruhnya yang ini dialasi pake yang kawat stainless bawaannya itu karena kayaknya nggak pas gitu sama, terus yang satunya pake loyang hitam bawaan, nah satunya lagi kan ada tuh bawaan yang kayak lurus aja itu dan ada lengkungnya dikit..nah saya pake itu..jadi pas proses oven bisa 3 langsung saya masukkan, cuman biar panasnya merata saya sering pindah kan aja yang bawah, dipindah keatas, yang atas kebawah, yang tengah ke bawah, terus keatas begitu...biar kondisinya matang merata. Tos mbak sama ovennya..alhamduilllah so far nggak ada masalah berarti sama ovennya..semoga awet ya mbak oven kita :)

    BalasHapus
  11. tapi jangan selalu mangandalkan orang tua untuk menjaga anak ..kasian mereka

    BalasHapus