KURNIAWAN'S FAMILY

Kurniawan's Family

Selasa, 29 Januari 2013

AJARI PUTRAKU

Selamaatttt hari Selasaaaa :D Duuh, pagi ini dingiin di Kota Gadis, kemarin sore sampe malem hujan gak berhenti- berhenti. Tapi kali ini saya gak akancerita soal prakiraan cuaca, banjir atau penyakit dimusim penghujan. Saya hanya mau membagikan informasi mengenai cuplikan surat dari Abraham Lincoln kepada guru dari putranya (diambil dari buku Born to be Happy by Promod Batra, MBA)
Ini cuplikannya :

….Ia memang harus belajar, saya tahu, bahwa manusia tidak adil, manusia tidak benar. Tetapi ajari ia juga, bahwa di antara orang-orang jahat ada seorang pahlawan; bahwa di antara para politisi yang suka mementingkan diri, ada seorang pemimpin yang berdedikasi.

Ajari ia bahwa di antara musuh ada seorang sahabat. Semua memerlukan waktu, saya tahu itu, tetapi ajari ia sebisa Anda, bahwa satu dolar yang diusahakan jauh lebih berharga daripada lima dolar yang ditemukan.

Ajari ia untuk belajar kalah dan juga untuk menikmati kemenangan. Arahkan ia agar menjauhi keirihatian. Sebisa Anda, ajari ia rahasia tawa dalam diam. Biarkan ia belajar dengan cepat bahwa anak-anak pengganggu paling mudah dikalahkan.

Ajari ia, sebisa Anda, indahnya buku-buku, tetapi berikan juga kepadanya waktu untuk berpikir secara mendalam tentang misteri dari burung-burung di angkasa, lebah-lebah di teriknya sinar matahari, bunga-bunga di lereng bukit hijau.

Ajari ia di sekolah bahwa jauh lebih terhormat untuk gagal daripada menipu dan mencontek

Ajari ia untuk mempunyai kepercayaan dalam gagasan pribadinya, meskipun orang lain mengatakan kepadanya bahwa gagasan-gagasannya itu salah. Ajari ia untuk erlakum lembut terhadap orang-orang yang bertabiat lembut, dan berlaku keras terhadap orang yang keras.

Cobalah untuk memberi putra saya kekuatan untuk tidak mengikuti kelompok terbesar ketika semua orang mengikuti pendapat orang banyak.ajari ia untuk mendengarkan semua orang, tetapi ajari ia juga untuk menyaring segala sesuatu yang ia dengar melalui saringan kebenaran dan hanya mengambil yang baik-baik saja.

Ajari ia, sebisa Anda, bagaimana untuk tertawa di kala sedang bersedih. Ajari ia agar tidak malu untuk menangis. Ajari ia untuk menertawakan yang sinis dan berhati-hati dengan kemanisan yang berlebihan.

Ajari ia untuk menjual tenaga dan pikiran kepada penawar yang tertinggi, tetapi jangan pernah mencantumkan label harga untuk sanubarinya. Ajari ia untuk menutup kedua telinganya terhadap kelompok orang yang melolong-lolong dan berani berdiri dan berjuang bila menurutnya dirinyalah yang benar.

Ajari ia dengan penuh kelembutan ,tetapi janganlah memanjakannya. Biarkan ia mempunyai keberanian untuk tidak bersabar, biarkan ia mempunyai kesabaran untuk berani.

Ajari ia selalu memiliki kepedulian mulia terhadap umat manusia. Pesan ini berat, akan tetapi lakukan saya sebaik Anda. Ia anak laki-laki kecil yang baik, putraku.


Semoga bisa jadi bahan renungan ya, bahwa kadang sebagai orang tua kita harus menghargai proses daripada hasil akhir, mengajarkan anak mencoba jujur dengan diri sendiri dengan tidak mencontek dan tidak takut gagal. Semoga bermanfaat, selamat beraktifitas temans :)


10 komentar:

  1. Saya punya dua orang anak, putra dan putri. Apa yang saya baca hari ini menjadi masukan dan juga pencerahan yang luar biasa bagi saya pribadi sebagai ayah yang masih belajar bagaimana menjadi ayah yang baik.

    Izin follows ya mbak. Keep Blogging. Salam dari Bumi Lintasan Khatulistiwa. Pontianak. Kalimantan Barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kunjungannya Pak :)
      Salam kembali dari Madiun...

      Hapus
  2. Pesan yang bagus banget tapi gak mudah diaplikasikan... Thanks udah ditulis di sini yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya mbak lis gak mudah memang semoga bsa jd masukan saja :)

      Hapus
  3. wah, bagus banget suratnya pak Abraham Lincoln ini, mengingatkan bahwa sang anak perlu diajari dengan berbagai macam hal, namun hal terutama jgn lupa pada proses

    BalasHapus
  4. karena anak juga banyak belajar dari apa yang dia lihat. untuk itu berikanlah apa yang dilihatnya itu baek :)

    BalasHapus
  5. memang bnr, bukankah kita bisa hidup sampe saat ini pun dari byk belajar?

    BalasHapus
  6. kereeen kereeeen
    membuatku semakin melek....

    terima kasih sudah sharing ya

    BalasHapus
  7. pokonya ajari yang baik baik untuk anak ..wkwkwks

    BalasHapus