KURNIAWAN'S FAMILY

Kurniawan's Family

Jumat, 19 Juni 2009

Debat capres 2009


Lama gak posting, tiba2 (sekalian mumpung libur juga, qeqeqe) keinginan posting datang tak tertahankan. Apalagi setelah kemarin malam (Kamis, 18/6) saya sekeluarga rame2 nonton tayangan yang saya bilang bermanfaat. Debat capres!! Yang dilaksanakan baru pertama kalinya untuk pesta demokrasi 8 Juli 2009 mendatang. 

Acara yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum dan disiarkan secara langsung tersebut, menghadirkan 3 calon presiden periode 2009 - 2014. No urut pertama adalah pasangan Megawati Soekarno Putri - Prabowo Subianto, no urut kedua adalah Susilo bambang yudhoyono - Boediono, dan no urut paling bontot adalah Moh. Jusuf Kalla - Wiranto. Acara yang di pandu oleh Helmi yahya dan di buka oleh penampilan muisisi kawakan iwan fals tersebut juga dihadiri oleh tim pemenangan kampanye masing2 capres, dan artis2 ibu kota.

Bagian pertama moderator memberi kesempatan pada masing2 capres untuk memaparkan visi misi mereka tentang tema tertentu (saya lupa temanya, pokoknya tentang HAM). Wah , dari pembukaan ini kita sebagai pemilih paling tidak kita sudah bisa menilai, mulai dari gaya bahasa, gaya tutur, penutran sampai ke to the pointnya visi misi mereka. Bagian berikutnya juga hampir sama, hanya waktu pemaparan yang di persingkat dari 30 menit (di pembukaan, red) menjadi 2menit. 

Selesai acara, moderator dan sang  MC mengklaim bahwa debat pertama ini sukses. Meski beberapa pakar politik menilai bahwa debat capres datar2 saja. Bahkan salah satu mantan presiden RI mengatakan bahwa tidak ada satupun dari 3 capres tersebut yang berani mendebat capres lainnya. (Huah, lak perang nanti, qeqeqe).... Parahnya lagi beliau mengatakan baha dirinyalah yang lebih layak, dengan kata lain dirinyalah yang lebih baik jadi presiden. Wah2.... 

Pengen tau, siapa dia???????????? (Eiy2, siapa diaaaa.... ) Dia adalah presiden RI ke-4, K.H Abdurrahman wahid yang akrab di sapa Gusdur. Yang selalu bekomentar tentang apa yang menurutnya benar meski ditentang banyak kalangan. 

Mau berkomentar apaun tentang debat capres yang dilaksanakan baru pertama kali tersebut, sah2 saja. Tapi kalu buat saya, itu berguna. Karena sebagai pemilih yang awam dengan dunia politik, paling tidak bisa debat capres memeberi sedikit pemahaman bagi masyarakat. Bahkan mungkin bisa membuat pemilih tau capres mana yang harus mereka pilih untuk RI tercinta 5 tahun kedepan. Bagaimana dengan anda? Monggo komentar...

NB : Jangan lupa gunakan hak pilih anda di TPS 8 Juli mendatang... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar